• Jakarta
  • 26 November 2021
0 Comments
Spread the love

IPOJurnal (Balikpapan) –  Dalam kunjungan kerja reses DPD-RI di Kota Balikpapan, Wakil Ketua (Waka) DPD, Mahyudin, bersilaturahmi ke 2 (dua) tempat institusi yakni ke Pemkot Balikpapan dan Universitas Balikpapan (Uniba). Setelah berkunjung ke Pemkot Balikpapan,

Dalam perbincangan dengan Rektor Uniba ini, Mahyudin berharap agar Uniba dapat berkontribusi besar terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia, khususnya di Balikpapan. Dan bisa saja DPD RI kedepannya melakukan MoU dengan Uniba dalam hal berbagai kajian-kajian ilmiah.

“Balikpapan, juga daerah lainnya di Kaltim sebagai penyangga IKN yang baru nanti harus siap berbuat, jangan sampai hanya jadi penonton, hal ini sudah tentu bisa terlaksana jika  didukung oleh SDM yang handal,” tegas Mahyudin.

Menanggapi ungkapan Mahyudin soal kontribusi dalam menyiapkan SDM yang handal, Rektor Uniba, Isradi Zainal menyebutkan,  di Universitas ini sudah menyiapkan sejak awal, termasuk penambahan beberapa program studi (Prodi) seperti Arsitektur dan Teknik Lingkungan, bahkan Uniba juga sedang menyiapkan Fakultas Kedokteran.

Lebih lanjut Mahyudin mengatakan, Uniba dapat memberikan masukan-masukan dalam bentuk kajian ilmiah atau dalam forum diskusi agar sistem demokrasi dapat berbiaya murah.

Selanjutnya Senator dari Kaltim ini juga membahas soal sentralisasi perizinan saat ini. Menurutnya kebijakan sentralistik ini justru bisa menimbulkan tumpang tindih kepentingan, bisa jadi Bupati atau Walikota tidak setuju karena persoalan aturan tata kota daerah masing-masing, tidak sesuai dengan kepentingan daerah yang akhirnya dapat menimbulkan konflik. “Kalau kita melakukan lagi upaya sentralistik maka sama saja kita mengulang dosa lampau, ini bisa tumpang tindih kepentingan dan akhirnya menyebabkan konflik,” tegas Mahyudin. (Gat)

Author

biru_karyaabadi@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *