• Jakarta
  • July 23, 2021
Spread the love

Profil Yayasan Insan Peduli Olahraga (IPO)

Mens sana in corpore sano. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.  Rangkaian kata-kata ini mengilhami para wartawan yang sudah bertahun-tahun meliput kegiatan olahraga di dalam negeri maupun tingkat internasional untuk berpartisipasi aktif dalam menggelorakan semangat kepedulian dan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap olahraga. Dari tekad dan semangat inilah  insan pers yang hidupnya terus bergulat dengan olahraga sepakat membentuk yayasan yang memperkuat   keharmonisan insan pers dan insan olahraga dalam mewujudkan cita-cita masyarakat Indonesia yang sehat, kuat dan sejahtera. 

Buah dari pemikiran dan tekad membara itu terwujud dengan lahirnya Yayasan Insan Peduli Olahraga (IPO) di Jakarta pada tanggal 10 November 2020. Tanggal yang memiliki makna penting dalam perjalanan sejarah bangsa dan negara Indonesia karena selalu diperingati sebagai Hari Pahlawan. Berlandaskan pada jiwa dan semangat kepahlawanan,  IPO berharap bisa berperan melahirkan pahlawan-pahlawan yang peduli olahraga dan mencetak prestasi tercepat, tertinggi dan terkuat melalui olahraga.

Selain ingin berperan melahirkan pahlawan-pahlawan olahraga, IPO juga peduli dengan pelaku-pelaku olahraga baik itu atlet, pelatih, manajer serta masyarakat olahraga yang setelah tidak mampu lagi mengharumkan nama  baik bangsa dan negara mengarungi hidup  serba kesulitan secara ekomoni.

Setelah mendapat legalitas  hukum  baik  akta  notaris,  terdaftaran  di  Kementrian Hukum  Dan  Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), NPWP dan nomor rekening Bank, para Pembina dan pengurus IPO segera bergerak sesuai dengan visi dan misi yang dicanangkan. Melalui rapat marathon para personil IPO menggali kembali pemikiran-pemikiran dan kemudian disempurnakan dan dituangkan dalam program kerja yayasan.

Program kerja tetap mengutamakan sinersitas antara insan pers dan insan olahraga yang meliputi berbagai bidang. Sebagai langkah awal IPO konsentrasi pada program bidang sosial, pendidikan, kegiatan event olahraga dan pengembangan.

Seperti yang tertera dalam Akta Notaris yang sudah diligitimas oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI,  Yayasan IPO memiliki maksud dan tujuan di bidang social dan kemanusian.

Untuk mencapai maksud dan tujuan sesuai dengan visi dan misi tersebut, maka yayasan Insan Peduli Olahraga (IPO) menjalankan kegiatan yang terurai dalam program yaitu ;  Menyenggarakan  Pendidikan Jurnalistik Jarak Jauh (PJ3-IPO). Menyelenggarakan workshop serta Webinar bersama atlet, pelatih juara dunia dan wartawan senior. Menyelenggarakan  event olahraga. Melakukan  bakti sosial pembagian sembako kepada insan pers,  insan olahraga dan masyarakat terdampak Covid-19.  Serta menyelenggarakan atau menyalurkan Bantuan melalui dompet donasi  untuk membantu  Insan pers,  Insan olahraga, atlet yang sudah tidak aktif dan masyarakat korban bencana.

Berikut adalah Susunan Pengurus dan legalitas Yayasan Insan Peduli Olahraga :

Dewan Pembina

Ketua : AA.GWA Ariwangsa. SH

Anggota : Suryansyah

Anggota : Gatot Sujarwo

Pengurus Yayasan

Ketua : Markon

Sekretaris : Bambang Prihandoko

Bendahara : Argie Galang Ramadhan

Pengawas : Yuliani Setyowati

Legalitas Yayasan Insan Peduli Olahraga

– Akte Notaris Muhamad Yamin, SH. M.Kn tanggal 6 Oktober 2020 No. 05

– Keputusan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia  Nomor AHU-0018268.AH.01.04.Tahun 2020.

– NPWP Nomor : 96.258.751.5-07.000

– Nomor Induk Berusaha (NIB) Nomor  : 0230010180267

Rekening : Bank BNI Cabang Senayan Norek : 1136102514 a/n Yayasan Insan Peduli Olahraga

– Alamat Pendirian Yayasan : d/a SIWO Pusat, Gd. KONI Pusat Lt.8, Gelora Bung Karno, Jln. Pintu Satu, Senayan, Kel. Gelora, Kec. Tanah Abang, Jakarta Pusat

Sekretariat : Jln. Kramat Sawah IIIE/3B Rt./Rw. : 01/02, Kel. Paseban, Kec. Senen, Jakarta Pusat.